Terancam Gagal Panen, Warga Nekat Bendung Sungai

KEBUMEN-Rasa takut atau pun ancaman kerap membuat manusia rela melakukan apapun. Hal ini pula yang dilaksanakan oleh warga delapan desa di wilayah Kecamatan Puring dan Kuwarasan. Pasalnya untuk menyelamatkan tanaman padi dari ancaman kekeringan dan gagal panen, warga rela bahu-membahu untuk membendung Sungai Gombong 2, Selasa (16/5/17).
Dengan dibendungnya sungai tersebut, maka debit air akan meningkat. Air dari sungai digunakan oleh warga untuk mengairi 503 hektar sawah di delapan desa. Adapun beberapa desa yang mendapatkan manfaat dari bendungan darurat tersebut yakni Sidomukti dan Purwodadi Kecamatan Kuwarasan, dan Desa Madurejo, Sidodadi, Wetonwetan, Wetonkulon, Kedalemanwetan dan Kedalemankulon Kecamatan Puring.
Bendungan darurat dibuat warga dengan menggunakan karung berisi tanah dan pasir. Agar kuat, tumpukan karung tersebut diberi pagar bambu. Warga juga memasang terpal di bagian dalam bendungan agar air tidak bocor. Pembuatan 150 warga setiap harinya dan dibantu personil dari Kodim 0709/Kebumen. Secara bergantian setiap hari warga delapan desa melaksanakan kerja bakti membangun bendungan.
Penyuluh Pertanian Kecamatan Puring Warsudi mengatakan, kekeringan acap kali menimpa delapan desa tersebut. Bahkan hal itu terjadi hampir setiap tahun pada musim tanam (MT2). Setiap tahun warga membuat bendungan darurat berukuran panjang 20 meter, lebar 3 meter dan tinggi mencapai tiga 2 meter. “Tahun lalu warga tidak membuat bendungan, sebab MT2 terjadi pada musim penghujan,” terangnya.
Menurutnya, pembuatan bendungan sangat penting dan telah menjadi kebutuhan vital pertanian di delapan desa. Pihaknya berharap kelak terdapat bendungan permanen di Sungai Gombong 2 itu, sehingga warga tidak kesulitan untuk mengairi sawah. “Ini sangat penting, jika tidak dapat dipastikan gagal panen,” katanya.
Sementara itu, Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Kav Suep SIP mengatakan, saat ini tanah sawah di delapan desa telah telah banyak yang mengalami retak-retak sebab kekurangan air. Air irigasi menjadi kebutuhan mendesak mengairi sawah. Untuk itu pihaknya turut serta mengerahkan personil agar untuk membantu warga. “Ini merupakan program pendampingan TNI kepada masyarakat. Ke depan kami berharap ada bendungan permanen,” pungkasnya. (why)
Name

Banjarnegara,2,Banyumas,3,Bencana Alam,2,Headline,22,Hotel Kebumen,3,Kebumen,22,Korupsi,1,Kriminal,4,Olahraga,1,Pariwisata,2,Pendidikan,3,Purworejo,2,Wisata Kebumen,1,Wonosobo,1,
ltr
item
Berita Kebumen Hari Ini: Terancam Gagal Panen, Warga Nekat Bendung Sungai
Terancam Gagal Panen, Warga Nekat Bendung Sungai
https://2.bp.blogspot.com/-aWNmHr-cGY4/WSR3mlBD77I/AAAAAAAAAAg/_Wpfyci_1hENmMb4XIw1Jv1FnTwSj93WQCLcB/s640/bendungan.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-aWNmHr-cGY4/WSR3mlBD77I/AAAAAAAAAAg/_Wpfyci_1hENmMb4XIw1Jv1FnTwSj93WQCLcB/s72-c/bendungan.jpg
Berita Kebumen Hari Ini
http://www.kebumenhariini.com/2017/05/terancam-gagal-penen-warga-nekat.html
http://www.kebumenhariini.com/
http://www.kebumenhariini.com/
http://www.kebumenhariini.com/2017/05/terancam-gagal-penen-warga-nekat.html
true
3828086353688284275
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy